Visual Studio LightSwitch #2: Validasi dan Format Data

Siap untuk kejutan berikutnya? Mungkin ketika mencoba membuat project baru seperti pada Visual Studio LightSwitch #1: Membuat Project, Database, dan Simple Screen Anda masih belum puas dan muncul pertanyaan bagaimana dengan validasi data? Format Data? Sema itu akan dibahas disini.

Saya lanjutkan menggunakan project yang sama dengan sebelumnya. Kembali ke table Customers (Double klik / Klik kanan – Open), tambahkan atribut-atribut baru: Email, TanggalLahir, dan Saldo.

Coba jalankan (Run), lalu edit data yang sudah ada atau masukan data baru. Bisakah Anda mengisi field-field yang seharusnya berupa angka dengan huruf? Bisakah Anda mengisi tanggal lahir bukan dengan format tanggal? Tentu bisa! Karena kita belum memberikan validasi, tipe data pada table kita masih String semua.

Ok, stop dan kembali edit table Customer. Ketika Anda coba mengganti tipe data, Anda akan melihat tipe data yang tidak biasa. Silahkan ikuti saya, ubah tipe data:

  • Telepon, dari String menjadi Phone Number
  • Email, dari String menjadi Email Address
  • TanggalLahir, dari String menjadi Date
  • Saldo, dari String menjadi Money

Tanpa basa-basi, silahkan coba Run kembali, dan masukan data sembarang yang tidak sesuai dengan format seharusnya. Apakah masih bisa?🙂

Secara ajaib LightSwitch akan mem-validasi data yang Anda inputkan sesuai dengan tipe data yang dipilih. Dan bukan hanya ditinggalkan dengan validation issues seperti itu saja, untuk tipe data tertentu kita akan dibantu untuk mengisi dengan benar.

Contoh isian untuk tipe data Phone Number (dibantu dengan pengkategorian nomor telepon) dan Date (dibantu dengan date picker)

Bagaimana dengan tipe data Money? Kenapa currency-nya Dollar($), apakah bisa diganti ke Rupiah(Rp)? Jika tidak perlu dua digit decimal (.00) apakah bisa dihilangkan? Bisa!

Kembali ke Visual Studio LightSwitch, buka table Customer, klik pada baris Saldo (tipe data Money), buka Window Properties. Untuk mengubah format mata uang, cari Currency Code, ubah dari USD menjadi IDR. Untuk menghilangkan dua digit decimal, cari Decimal Places, ubah menjadi 0. Untuk property yang lain, silahkan explore sendiri ya.

Silahkan coba Run, lalu edit / add data. Bagaimana tipe data Money-nya? Sesuai keinginan Anda?

Ok, sekian saja bahasan mengenai Validasi dan Format Data pada LightSwitch 2011. Masih banyak sekali yang bisa di-explore, namun tidak memungkinkan saya tuliskan semua disini, jadi tidak cukup jika Anda berhenti disini, lanjutkan!

Bahasan berikutnya adalah tentang Interface dan Bahasa, sampai jumpa..

Terima Kasih🙂

2 thoughts on “Visual Studio LightSwitch #2: Validasi dan Format Data

  1. Pingback: Visual Studio LightSwitch #3: Interface dan Bahasa « Herwin’s Blog

  2. Pingback: Visual Studio LightSwitch #1: Membuat Project, Database, dan Simple Screen « Herwin’s Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s