Visual Studio LightSwitch #1: Membuat Project, Database, dan Simple Screen

Hola! Setelah membaca sedikit tentang Visual Studio LightSwitch di (Microsoft Visual Studio) LightSwitch? Apa itu?, mari kita mulai untuk mencoba praktek langsung.

Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana membuat project LightSwitch, membuat database untuk LightSwitch, dan membuat sebuah screen sederhana.

Pertama, pastikan Anda sudah meng-install Visual Studio LightSwitch 2011, jalankan aplikasi tersebut. Lalu pilih New Project dan gunakan template Lightswitch. Akan ada dua pilihan default, yaitu C# dan VB (dua teratas), sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Dalam contoh ini, saya menggunakan C#.

Silahkan mengganti nama project, lokasi, dll jika perlu. Setelah itu tekan OK. Menunggu sebentar, akan muncul tampilan dimana Anda dipersilahkan untuk menentukan database yang mau digunakan. Apakah membuat database baru atau menggunakan database yang sudah ada. Pilih Create new table untuk database baru atau Attach to external Data Source untuk menghubungkan project ini dengan database yang sudah ada. Dalam contoh ini saya menggunakan database baru.

Setelah memilih Create new table, akan muncul sebuah tampilan yang table yang siap digunakan, silahkan buat table sesuai dengan kebutuhan Anda. Dalam contoh kali ini saya membuat sebuah table Customer dengan atribut berupa: Nama, Alamat, dan Telepon.

Setelah table Customer terbentuk. Sekarang kita tinggal membuat sebuah screen sebagai interface dari table Customer. Caranya dengan membuka Solution Explorer Klik kanan pada folder Screens Add Screen.

Akan muncul tampilan untuk memilih jenis screen yang mau kita gunakan. Dalam contoh ini saya gunakan List and Details Screen dan jangan lupa untuk mengubah Screen Data dari None menjadi table yang kita inginkan (Customers), lalu klik OK. Untuk jenis-jenis screen yang lain, silahkan dibaca atau dicoba sendiri🙂

Selesai membuat screen, kita akan dibawa ke tampilan berbentuk hirarki yang merupakan komponen dari screen yang baru saja kita buat. Tidak usah diutak-atik, silahkan Run (F5). Dan…

Boom! Jadilah sebuah screen yang memiliki fungsi View, Add, Edit, Delete, Export data to Excel, Search, Filter & Sort dan Paging. Silahkan Anda coba untuk bermain dengan fungsi-fungsi yang ada. Setelah melakukan aktifitas, jangan lupa untuk menekan tombol Save di kiri atas untuk memastikan perubahan yang Anda lakukan tersimpan ke database.

Sekian untuk babak pertama. Bagaimana? Berapa menit yang Anda habiskan untuk membuat aplikasi seperti itu? Penasaran dengan fitur lainnya? Silahkan baca babak berikutnya yang akan membahas Validasi dan Format Data di Visual Studio LightSwitch #2: Validasi dan Format Data

Terima kasih🙂

One thought on “Visual Studio LightSwitch #1: Membuat Project, Database, dan Simple Screen

  1. Pingback: Visual Studio LightSwitch #2: Validasi dan Format Data « Herwin’s Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s