Don’t Judge A Book by Its Cover?

Don’t Judge A Book by Its Cover — Jangan menilai sebuah buku dari sampulnya..

Perumapaan ini sering kita dengar, apapun konteksnya, terutama dalam menilai seseorang.

Tapi,, mungkinkah ini bisa dilakukan?

Mau ga mau setiap orang pasti dinilai, dan setiap orang pasti menilai. Maka penting bagi kita untuk bisa menjaga penampilan kita. Bagaimana kita bisa tampil anggun didepan orang-orang. Terutama didepan orang yang belum atau baru kita kenal. Maka, apa yang orang sering sebut dengan “JaIm” alias Jaga Image itu penting, gunannya agar orang yang baru mengenal kita itu tidak salah menilai diri kita. Penampilan kitalah yang pertama dinilai oleh orang, karena aspek inilah yang paling terlihat pertama kali, baru setelah kita lolos dari penilaian penampilan, kita akan diterima untuk dinilai secara lebih dalam.

Orang sangat banyak menilai pada perjumpaan pertama. Disanalah letak awal dari penerimaan mereka terhadap diri kita. Misalnya, ketika kita bertemu seseorang, ucapan kita penuh dengan kata-kata yang tidak sopan, penampilan acak-acakan, kecil kemungkinan bagi orang itu untuk menerima kita menjadi rekannya, jika itu orang yang berpribadi baik, karena kita akan berpengaruh buruk bagi dia. Ingat, seseorang bisa dinilai dari lingkungannya. Jadilah lingkungan yang baik bagi orang lain, dan hiduplah di lingkungan yang baik.

Bahkan, ketika kita sedang membaca buku tersebut (saat kita telah mengenal orang tersebut), penilaian akan terjadi selamanya. Misalnya, ketika kita telah mengenal seseorang, selama ini kita menilainya sebagai orang yang santun, lalu suatu ketika kita melihatnya sedang mabuk, berubahkah penilaian kita? Ketika kita mengenal seseorang yang kita nilai setia, ternyata suatu kali ia berlaku tidak setia, berubahkah penilaian kita? Maka dari itu, selalu jadilah pribadi yang baik, yang anggun, yang sopan, jujur, yang penuh kasih, yang setia pada yang benar, yang selalu berusaha untuk hidup kudus dihadapan TUHAN.

Be yourself A Better You!

GBU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s