(Semester 3) UTP + UTS Part 1

UTP (Ujian Tengah Prakter) – PBO (Pemrograman Berbasis Objek) – 7 November 2009

Wah, UTP kali ini gw ga puas, gw ga selesai ngerjain soalnya.
Gw rasa kesalahannya karena gw jarang latihan koding OOP, jadi masih canggung, gw bingung apa yang mau gw bikin pas pertama kali baca soal, agak aneh. Jadi gw agak banyak buang-buang waktu di awal.

Soal UTP nya tentang pembelian tiket bioskop.
Anehnya itu bioskop nomor studio sama judul film nya udah pasti, harganya juga sama semua. Untuk menu daftar film, di-print studio berapa, judulnya apa, banyak tiket, harga. Untuk menu beli tiket, kalau mau beli tinggal masukin studio ke berapa dan banyakanya tiket yang mau dibeli. Dan satu lagi menu keluar.

Nah gw jadi bingung, apanya yang perlu gw masukin ke class, yang paling masuk akal buat di taroh di class cuma jumlah tiketnya, nomor studio, judul, sama harga gw rasa ga perlu, soalnya ga kepake juga. Tapi akhirnya ya,, itu semua gw masukin juga ke class walaupun ga kepake. Biar rame aja.. Hahah.

Gara-gara lama di sana, lama-lama gw mulai menyadari kalau waktu udah semakin mepet, gw mulai makin cepet ngerjainnya, dan mulai kerepotan, soalnya harus ngatur-ngatur tampilan yang ribet. Setelah gw rasa selesai, dengan sisa waktu beberapa menit saja, gw iseng-iseng ngetes tuh exe contoh, gw menemukan 2 kesalahan yang berasal dari menu beli tiket, yang pertama, contoh di exe sama contoh di word beda, yang satu align left yang satu right, yang kedua, setelah gw beli tiket, kalau gw liat daftar film, dia ga unset ios nya, jadi masih ada underscore dimana-mana.

Dan.. gw pun menemukan kesalahan gw 3 menit sebelum waktu habis, ada validasi yang ketinggalan. Pertama validasi kalau tiket salah satu studio udah abis, dia bakal ilang dari daftar yang bisa dibeli, kedua, kalau semua tiket udah abis dia otomatis close. Gw udah sempet koding sedikti buat nambahin itu, tapi waktu tidak mengijinkan gw selesai, jadi ya sudahlah.. Gw kasih kodingan yang belum di validasi dua kasus itu.. >.<

UTS (Ujian Tengah Semester) – Anapersis (Analisa dan Perancangan Sistem) – 13 November 2009 (Day 1)

Anapersis… Waktu,, waktu, waktu..
Bener kata salah seorang di forum HIMTI. Waktu adalah musuh utama saat ujian anapersis.

Komposisi soal anaperis 4 esai (40%) dan 1 kasus(a-c) (60%). Kesalahan di sini *ntah lah kesalahan atau bukan* gw ga menghapal mati teori-teori yang ada, jadi gw cuma berusaha mengerti, dan gw bayangin kalau dalam kehidupan nyata seperti apa. Gw mikir gw bakal ngarang untuk jawab soal-soal anapersis, ga jawab sama persis teori, tapi intinya sama.

Sayang sekali, strategi begitu makan banyak waktu, untuk ngerjain soal nomor 1 esai aja (FAST), gw udah makan 35 menit. Lanjut ke nomor 2 (fact finding), ngarang lagi, lama lagi..  Nomor 3 sama 4 (data modeling, proses modeling) gw bingung, soalnya gw ga terlalu belajarin itu, cuma sepintas lalu aja, jadi ya gw tulis yang gw tau, cuma 2 baris untuk masing-masing soal, contoh pun gw tinggal dulu, gara-gara gw liat jam dan tinggal sisa +/- 30 menit, sedangkan gw blm sentuh kasus.

Gw kerjain kasus, baca yang a, bikin tabel apalah itu, lupa namanya, belum pernah buat tuh tabel, dan rasanya belum pernah liat juga, tapi ngerti sih maksudnya, tapi gw tinggal, gw kerjain yang soal b dulu, buat use case diagram. Gw cuma pernah buat use case diagram dari soal narasi, ini di kasih interview, pusing lah gw,, ga gitu jelas mana aktor yang bisa di tulis, mana yang ngga, mana prosesnya, mana hubungannya. Huaaa…. Ya udah lah, gw pikir, dari pada gw makin buang-buang waktu, hajar..! Akhirnya jadi tuh diagram, gw lanjut ke soal c, bikin narasi, gw bikin aja sesuai sama diagramnya, baru deh gw gw balik ke soal a, bikin tabel, gw bikin berdasarkan diagram juga, asal hajar aja, cari poin >.<

Waktu kira-kira tinggal 5 menit, gw cepet-cepet bikin contoh buat soal nomor 3 sama 4, gw bikin ngasal juga, semoga bener. Hahah.

Perasaan gw ga enak buat nih anapersis, semoga masih bisa dapet bagus..😀

Leave a Reply

