Bom JW Marriott & Ritz Carlton – 17 Juli 2009

Kemarin, hari Jumat, 17 Juli 2009 telah terjadi ledakan bom di hotel JW Marriott dan Ritz Carlton di daerah Kuningan, Jakarta Selatan.

Untuk kedua kalinya hotel JW Marriott terkena serangan bom, setelah sebelumnya tahun 2003 juga menjadi target serangan yang menewaskan +/- 11 orang, waktu itu bom meledak dari luar hotel.

Kali ini kedua bom berasal dari dalam hotel, yaitu dari restaurant Syailendra (JW Marriott) sekitar pukul 07.45 dan restaurant Airlangga (Ritz Carlton) sekitar pukul 07.47. Kedua bom ini menewaskan 9 orang.

Turut berduka buat semua korban, kerabat dan sahabat korban. Semoga diberikan kekuatan dan berkat, dari semua kejadian ini. Juga untuk orang-orang yang terlibat dalam kasus ini, semoga diberkati oleh TUHAN sesuai dengan kepantasan mereka.

Saya sendiri bingung, apa sih tujuan bom ini? Apa ga bisa lewat jalan baik-baik kalau mau mengubah/menyampaikan sesuatu? Apa harus dengan perbuatan anarkis? Apa mereka ga punya hati?

Sekilas saya teringat salah satu lagu…

Black Eyed Peas – Where Is The Love

People killin’, people dyin’
Children hurt and you hear them cryin’
Can you practice what you preach
And would you turn the other cheek

Father, Father, Father help us
Send us some guidance from above
‘Cause people got me, got me questionin’
Where is the love (Love)

Where is the love (The love)
Where is the love (The love)
Where is the love
The love, the love

Apa ada motif yang begitu kuat sampai harus melakukan pemboman? Apa mungkin pemboman ini hanya ingin mencari sensasi? Apa mungkin hanya mencari “kepuasan” jika bisa membunuh orang? Apa alasan dibalik pemboman ini lebih berharga daripada surga yang dijanjikan TUHAN bagi umat-Nya yang taat? Apa kekacauan lebih indah daripada kedamaian?

Kalau saya sendiri berpikir apa alasannya, saya menemukan beberapa hal yang mungkin menjadi alasan:

  1. Perang politik
    Ada ketidakpuasan dari suatu pihak atas penyelengaraan event politik baru-baru ini yang tidak berjalan seperti yang mereka harapkan. Maka untuk mengacaukan apa yang telah ada, mereka melakukan ini. Untuk menghancurkan kepercayaan dunia terhadap Indonesia, mengacaukan ekonomi, kepercayaan masyarakat terhadap keamanan negri, kepercayaan terhadap pemerintahan sekarang, dan membuat panik masyarakat.
    Mungkin juga seperti yang SBY katakan, ada pihak yang tidak senang akan kemenangannya dalam pemilihan presiden periode 2009-2014, hingga sudah merencanakan tindakan-tindakan tercela.
  2. Sepakbola? Uang?
    Apa mungkin ada hubungannya dengan sepakbola? Kedatangan Manchaster United (MU) ke Indonesia? Mungkinkah ada yang mau menjatuhkan pihak-pihak yang terlibat dalam event ini? Misalnya menjatuhakn Three atau tvOne? Adakah yang ingin menghancurkan tim Indonesia? Karena tim Indonesia All-Star yang rencananya akan bertanding melawan MU telah menginap di hotel JW Marriott saat itu, untungnya mereka membatalkan rencana untuk sarapan di hotel, mereka langsung menuju tempat latihan dan beberapa saat setelah mereka pergi bom meledak.
  3. Teroris
    Apa sih yang mereka mau? Mau menguasai dunia? Ga ada kerjaan? Ckckck… Atau mereka dibayar untuk melakukan aksi-aksinya? Siapa dalangnya? Apa motifnya? Apa kembali ke politik lagi?
  4. Orang Penting (Uang?)
    Mungkinkah orang-orang kelas atas yang diincar oleh mereka? Orang-orang penting dari perusahaan-perusahaan besar? Karena menurut kabar setiap hari Jumat para pengusaha-pengusaha mengadakan pertemuan di sana.

Ya.. Apapun itu, saya percaya yang benar yang akan menang. TUHAN itu maha tau dan adil. Semoga pelaku-pelaku bisa kembali ke jalan yang benar dengan cara apapun. Semoga dunia ini bisa menjadi dunia yang damai dan harmonis. Indonesia, kita harus bersatu, belalah yang benar, bukan yang bayar!

Michael Jackson – Heal The World

Heal The World
Make It A Better Place
For You And For Me
And The Entire Human Race
There Are People Dying
If You Care Enough
For The Living
Make A Better Place
For You And For Me

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s