UAS Semester 2: Stat-Prob(Day 4), CB(Day 5)

Berat nih mau nulis ini 2 mata kuliah.

Cukup kecewa gw sama Statistik Probabilitas(Statprob) dan Character Building(CB).

Statistik Pobabilitas (Statprob)

Statprob ga gitu memuaskan seperti waktu UTS, mungkin gara-gara kali ini gw (kita) terlalu meremehkan pelajaran ini. Karena ujiannya open book, kita cuma persiapan +/- 3 jam sebelum ujian, ujian jam 15.00 kita mulai belajar jam 9an, trus berangkat jam 12an.

“Pagi-pagi” itu kita cuma ngerjain soal-soal yang di kisi-kisi dengan anggapan bahwa tipe soal yang keluar pasti sama dan tinggal ubah-ubah angka, ternyata ada kejutan, 3 soal memang setipe dengan kisi-kisi, tapi ada 1 soal yang lain dari yang lain, pertanyaan yang cukup menjebak, dan gw rasa belum pernah kita kerjain soal kaya gitu dari dosen.

Gw ngerjain Statprob lumayan santai, tapi kesantaian gw membawa dampak buruk, waktu gw baca itu soal aneh (nomor 3), gw skip dulu, gw bingung, tapi gw yakin pasti ada di kisi-kisi lain, ato minimal pernah di kerjain di catetan. Gw lanjut kerja nomor 4 yang caranya udah pasti.

Pas gw balik ke nomor 3 ternayata gw ga menemukan cara untuk ngerjain soal itu, di catetan maupun kisi-kisi, waktu sisa dikit doang, gw ga sempet nyari-nyari lagi, akhirnya gw pake cara yang sama dengan nomor 4, ntah lah bener atau ngga, ada orang lain yang nyari di buku cetak dan menurut dia ada contoh yang setipe dengan soal itu dan menggunakan cara sendiri yang berbeda dari soal lain. Itu soal bobotnya gede lagi, 30% kalo ga salah (a. 20% b. 10%). Semoga aja masih bisa dapet nilai bagus, kalo bisa di anulir deh tuh soal. Hahah.

Character Building (CB)

Ntah kenapa gw kurang ada niat waktu mau belajar CB ini.

Gw punya rencana awal mau ngerangkum bahan-bahan UAS nya sendiri, tapi akhirnya ga jadi dan gw pake fotokopian rangkuman. Udah gitu jam 21.00 aja gw blom mulai baca. Akhirnya gw mulai baca mungkin sekiyar jam 22.00.

Susah banget buat konsentrasi, baca dikit – berenti, baca dikit – berenti, dan baca pun ga ada yang masuk, cuma kaya sekedar lewat di mata. Begitu seterusnya sampe sekitar jam 12an. Gw coba cari suasana baru, gw turun, belajar di bawah. Ternayata ga jauh berbeda, tetep ga konsen, malah gw sempet ketiduran beberapa kali di sofa.

Sampe akhirnya gw menyerah di jam 2.30, gw tidur, berharap besok bisa lebih konsen dan bisa ngapalin bahan-bahan itu. Ternayata ga semua dari itu bisa gw hapal, sebagian besar bisa gw hapal tanpa penjelasan (poin-poin intinya doang).

Masuk ujian… Gw udah sangat sadar dan tau jelas kalo ini CB cuma 75 menit, dan waktu UTS gw ga keburu. Gw udah merencanakan untuk ngerjain dengan lebih cepet. Tapi namanya CB, butuh analisa ya tetep aja deh gw lama ngerjainnya, 25 menit awal aja gw masih ada di nomor 1.

Parahnya lagi, ntah kenapa gw lupa teori-teori yang udah gw pelajarin. Rasanya jadi blank, gw tau gw pernah inget ini, tapi skarang gw lupa. Gw udah ga ta lagi deh, kacau rasanya, ya udah gw tulis aja sesuai dengan pemikiran gw… Padahal gw udah targetin UAS bagus supaya bisa nutup UTS dan nambah nilai TM, nyatanya malah gini.. Sudah lah… Just positive. Sudah berlalu, gw ga berhak lagi, tinggal tunggu hasil aja sambil berharap.

One thought on “UAS Semester 2: Stat-Prob(Day 4), CB(Day 5)

  1. dengan berat hati stlah membaca blog herwin yg baru ini kami ber-4 sudah mendiskusikan secara matang dan gamblang. bahwa apa yang ditulis herwin adalah benar adannya dan kami b-4 merasakan yang sama seperti herwin… cb and statprob benar2 menyebalkan…tp bukan dosennya ^^ cuma kesel aja ama diri kita knapa kita bisa terperangkap oleh soal2 yang menjebak(stat prob) dan lupa teori di (cb) tapi yasudahlah .. kami yakin apa yang telah kami kerjakan akan membuahkan hasil yang paling baik buat kita sendiri.. ganbante!!!! (jia yoo!!!!) kita pasti bisa melewatinnya bersama…. LANJUTKAN!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s