UAS Semester 2: KBP (Day 2), Strukdat (Day 3)

UAS kedua.. Konsep Bahasa Pemrograman..

Ujian KBP gw cukup bingung mau belajar dari mana, bahanya banyak banget, buku ga punya, slide ga lengkap, bahasa inggris tingkat tinggi pula. Untungnya gw punya silde Robert W. Sebesta, sang pengarang buku, ya.. walaupun bahasa inggris tp lumayan lah, lebih bisa di mengerti dan lengkap.

H-2 kalo ga salah gw mulai coba kerjain soal-soal latihan UAS yang di kasih dosen, tapi cuma esainya doang, kerjain bareng ama Ferry dan Felix.

H-1 penduan-panduan semakin banyak dan semakin terfokus, belajarlah gw dari sana, coba-coba ngerjain sendiri,, tapi lama banget, baru PGnya aja udah mau jam 12, akhirnya easi gw pake jawaban yang udah ada. Alhasil, baca-baca dikit gw tidur jam 2, dengan plan nanti sebelum ujian gw bisa ngapal sisanya. Ternyata waktu sebelum ujian ga sebanyak yang gw bayangkan, jadi gw ngapalnya buru-buru deh. Semoga aja hasilnya tetep baik.

UAS ketiga.. Struktur Data

Oke, ini ujian barlangsung hari ini, tadi pagi tepatnya.

H-1 gw belajar bareng sama temen-temen, yang pertama dateng Felix jam 10an, disusul Ferry dan Stephanie jam 12an, lalu Yus yang jauh-jauh dari Tangerang naik angkot dan makan di mie THI dulu sebelum ke rumah gw,, jam 1 mungkin, dan terakhir Gibson yang abis ngurus paspor,, sekitar jam 2.

Pagi-pagi jam 10 si Felix telepon gw,, dia bilang mau dateng 10 menit lagi, ya udah gw siap-siap, mandi, makan. Karena lagi males makan jadi gw makan roti aja 3, pake gula 2, pake abon 1.

Lagi coba kerjain PG dulu beberapa nomor, Ferry sama Step dateng, trus katanya Yus udah deket, ya udah kita tungguin Yus dulu, baru mau mulai belajar dari awal. Pas kita udah mulai beberapa nomor, Gibson dateng, tapi gara-gara udah terlanjur ya udah, ga di ulang deh. Hahaha.

Proses belajar berjalan dengan cukup baik.. Ada beberapa soal yang kita ga bisa. Setelah belajar beberapa lama mulai deh si Yus ga betah, dia mulai main komputer,, main gitar. Tapi akhirnya bergabung kembali. Haha.

Akhirnya, ketemu lah soal yang kita blom ngerti (Algo Prims sama Kruskal), lalu gw belajar dulu dari slide, eh.. yang lain pada main uno..  _ _!! Selesai gw belajar Prims sama Kruskal gw ikutan deh.. Hahah.

Lanjut dari itu bentar si Gibson tidur.. tapi ga lama sih. Trus si Step bolak balik WC mulu.. -_-a Ya, kita lanjut belajar terus, sampe selesai esai, trus nyoba min max tree, deap.. Jadi, kira-kira sampe jam 7 kita belajar.

Perut terasa lapar.. <– Ga makan siang.. Pagi cuma makan roti. Kita pergi ke Grenvile, mau makan di Saung Grenvile, Yus ga ikut, di jemput pulang, Felix juga ga ikut, Cler ikut (dengan paksa), jadi kita jemput dulu.

Oke, sampe di sana, si Cler ga laper perut, udah makan, dia laper otak, jadi dilahap deh tuh strukdat di Saung Grenvile selagi yang lain (Gw, Ferry, Gibson, Stephanie) makan. Selesai makan jam setengah 10. Step pulang.. yang lain juga pulang..

Sampe di rumah, makan buah, mandi, trus online. Jawab-jawab pertanyaan, ngajarin pake doodle, sampe pake photo sharing, di YM maupun WLM, belajar-belajar ulang, liat-liat kisi-kisi, coba kerjain soal baru, sampailah gw di jam setengah 3, gw nyerah,, mau tidur aja, gw tidur jam 3 deh. Padahal mau bangun jam 5, soalnya ujian jam 8. Itupun masih menyisakan AVL, RBT, sedikit B Tree, Dijkstra, dan Flow-flowan yang gw ga gitu ngerti. Berharap waktu sebelum ujian bis agw manfaatkan untuk belajar itu.

Berangkat jam setengah 7, di jalan belajar teori-teori dan flow, lumayan ngerti. Sampe kampus belajar Dijkstra, lumayan ga ngerti. Untung aja pas ujian ga keluar yang aneh-aneh gitu. Jadi aman deh.. Heheh.

Pas ujian juga kita disuguhkan dengan soal yang lumayan cacat, angka di node maupun di edge, huruf-huruf di node banyak yang ga jelas, dan itu baru diralat setelah +/- 40 menit waktu ujian. Sampe udah ga tau harus ngapain lagi.. >.< Semoga hasilnya baik.

Leave a Reply

