The Journey of Mid Semester 2 (Part 2)

Okey.. Ini dia part 2 nya.. Masih UTS aja, padahal bentar lagi udah mau UAS.

Ya.. Sebenernya gw udah kehilangan niat sih buat nulis ini, udah lupa-lupa juga, tapi ya berhubung sudah gw janjikan. Haha.

Oya, semua nilainya juga sudah terbit. Cukup memuaskan lah, tapi masih berharap lebih baik lagi UAS nanti

 

Day 3 (KBP)

KBP.. Ini pelajaran kayanya ada panduan yang mantep juga deh sebelum ujiannya. Sebelum ujiannya gw tidur subuh, jam 3 mungkin. Berhubung waktu itu forum HIMTI udah jebol bandwidth nya, ada seseorang a.k.a. loperkesasar (kalo ga salah inget) menghidupkan sebuah forum “urgent HIMTI”, gw cukup aktif di forum itu, tidak seperti di HIMTI yang hanya menjadi guest, terutama menanggapi pertanyaan KBP dan StrukDat.

Gw mencoba mengerjakan sendiri soal-soal dari panduan itu, dan mempertanyakan jawaban-jawaban “bawaan” yang menurut gw keliru. Lumayan, paling tidak ada 2-3 soal PG yang ketahuan salah, dan berhasil didapatkan yang benar. Seru juga belajar KBP, soalnya ada yang bisa diajak diskusi di forum itu. Hehe. Secara umum KBP sukses.

 

Day 4 (StrukDat)

Strukdat cukup kebaca tipe-tipe soalnya, jadi belajarnya udah fokus ke materi-materi tertentu aja. Sempet juga belajar bareng beberapa kali (kayanya), ngerjain soal try out HIMTI, soal-soal tahun lalu.

Gw cukup terkendala di model-model array, soalnya ga biasa koding gituan pake array, jadi ga inget, ternyata model array cuma keluar 1 di PG.

Sebelum ujian, kita dateng pagi banget, mungkin sekitar 1 jam sebelum ujian, rencananya sih mau belajar bareng, tapi kurang efektif keliatannya. Suasana dan niat kurang mendukung. Haha. Syahdan lagi..

Soal strukdat ada yang ngagetin juga, ada yang salah soal di PG, gw sempet stuck di sana, gw itung ada 5 kali lebih, hasilnya sama, tapi ga ada di pilihan, sampe akhirnya gw nobatkan nomor itu sebagai salah soal (soal menghitung memori). Ada juga soal konsep yang membingungkan.. Huhu.

Ga sampai di sana aja kejutannya, masuk esai nomor 1, ada soal konvert notasi (post-, in-, pre- +fix) yang ada minus di depan variabelnya, huah.. apa pula itu, ga pernah dapet soal yang kaya gitu.. Gw cukup bingung ngerjainnya, mau dikemanain itu minus, kalo ga di pindah bisa salah persepsi, kalo di pindah ga logis.. >.<

Ada juga soal esai yang di suruh buat tree dari notasi infix, trus di transversal. Gw ga pernah juga buat soal yang model gini, tapi untung bisa di akal-akalin dan ketemu jawabannya. Trus dua soal sisanya koding fungsi-fungsi di queue sama buat gambar tahap-tahap BST yang pake insert sama delete.

 

Day 5 (Kalkulus)

Kalkulus…. Hahaha. Gw paling ngeri sama yang satu ini, karena pengalaman buruk gw di SMA, gw ga bisa kalkulus, ga hapal rumus pula, apalagi udah pake trigono-trigonoan. Kalkulus juga sempet belajar bareng, dua kali kalo ga salah, dan yang pertama bener-bener ga guna, haha, sampe akhirnya cuma makan doang di Ahwa (DM).

Kalkulus juga kebaca tipenya, gw udah nebak kira-kira yang keluar model apa dari soal-soal tahun lalu + try out, dan gw meyakinkan diri gw sendiri kalo soal-soal tipe gitu yang bakal keluar, soalnya gw juga ga sanggup belajar semua, banyak banget tipe soalnya, dan untungnya feeling gw bener.

Waktu ujian kalkulus, pas di bagi soalnya, gw yakin itu soal lumayan gampang, ga sesuah pas di kelas, apalagi pas SMA. Gw kerjain urut mulai dari nomor 1, gw ga berani terlalu perhatiin nomor-nomor belakang, takut down duluan, nanti malah lupa semua. Wkakak. Gw kerjain lumayan lancar, sampe nomor 4, walaupun ga yakin bener.

Nah gw ketemu kendala di nomor 5, soal integral, dan emang udah gw prediksi, gw bakal kesulitan di integral, soalnya itu yang paling gw ga ngerti dan kurang gw pelajari, pas belajar gw lebih fokus ke 4 tipe soal lainnya buat ngejar nilai, dan sedikit “merelakan” integral, tapi akhirnya gw sempet juga belajar integral dikit-dikit.

Ngerjain 5.a, mungkin karena gerogi gw ga tau mau pake cara apa, padahal buat ngerjain soal kaya gitu gw udah bisa pas belajar, alhasil gw kerjain pake cara seiinget gw, dan gw yakin salah. Haha.

Yang paling “nyesek” pas ngerjain 5.b, gw udah tau pasti pake parsial, dan bener. Gw kerjain pake parsial sekali, ketemu hasilnya, cukup unik, ya sudah lah gw pikir, yang penting selesai dulu, ada nilainya. Nah sisa waktu masih ada, iseng-iseng gw kerjain lagi tuh soal pake pensil, gw coba pake parsial dua kali, eh dapet juga hasilnya, sama-sama unik. Nah pas itu juga waktu abis, gw sempet bingung mau pake jawaban yang mana, akhirnya gw pilih jawaban yang parsial sekali, soalnya udah gw tulis pake pen, gw apus deh tuh parsial dua kali….. Ternayata…. Setelah keluar dan nanya-nanya temen, yang pake parsial dua kali itu yang bener, dan jawabannya gw yang pake pensil itu udah bener,,, tapi gw apus.. Huaaaa.. Bener-bener nyesel gw, udah dapet jawaban bener malah gw pilih yang salah.

Dan satu lagi, ternayat gw lupa nulis tanda minus di jawaban gw di nomor 1, harusnya pangkat -9 (anggap saja) tapi gw tulis 9. Huah.. Kalkulus bener-bener penuh sesal. Wakakak.

 

Day 6 (Stat-Prob)

Statprob cukup lancar terkendali, tipe soal udah tau, openbook, kalkulator juga, jadi tinggal nyiapin contoh-contoh soal sama cara jawabnya aja, hampir semua ada di contoh soal. Cuma ada 1 pertanyaan yang gw ga ngerti maksudnya, ya udah deh, gw kerjain aja sepenangkapan gw, ga tau juga itu bener apa salah.

Kaki gw sampe pegel abis ujian ini, soalnya pas-pasan gw dapet tempat yang cuma 1 bangku, jadi gw harus memangku kalkulator, buku, kertas-kertas contoh, soal, dan alat tulis dengan kaki yang menyilang, suapaya ga pada jatoh. Ribet deh, banyak banget pernak-perniknya. Haha.

 

Akhirnya…….. Selesai UTS. Hoho.

Sekarang menanti UAS, semoga UAS bisa lebih baik lagi.

GBU

 

The Journey of Mid Semester 2 (Part 1)

Leave a Reply

