Southern Delta Aquarids Meteor Shower

Minggu-Senin, 27-28 Juli 2007
Southern Delta Aquarids Meteor Shower @ 21:00 WIB – 04:00 WIB
Southern Delta Aquarids (SDA) adalah meteor shower yang dapat diamati mulai pertengahan Juli hingga pertengahan Agustus dan mencapai puncaknya pada 27/28 Juli. Asal muasal shower ini masih misterius namun diduga berasal dari reruntuhan komet 96P/Machholz- 2. Radiant atau pusat shower berada di Rasi Aquarius yang baru terbit di Timur setelah matahari terbenam. Saat puncaknya shower ini dapat menghasilkan sampai 20 meteor tiap jam dengan kecepatan mencapai 41 km/dt. Tahun ini kenampakan shower SDA merupakan berita yang baik, sebab pada malam kenampakan Bulan sedang pada fase bulan tua dan baru terbit lepas tengah malam. Sehingga kenampakan meteor shower ini cukup menjajikan. Waktu terbaik untuk pengamatan adalah sekitar tengah malam sampai menjelang pagi. Nah tunggu apalagi persiapkan segalanya untuk menikmati pertunjukan ini. Happy watching.

By: Mutoha Arkanuddin

3 thoughts on “Southern Delta Aquarids Meteor Shower

  1. Mank kliatan dari sini yah??
    kmaren jem 21.00 an da liadin langit gtu…
    hahahaha…
    tapi langsung cabut, malez nungguin na…
    beneran kliatan tuh dengan mata poloz??

  2. Adik saya katanya sempat melihat aliran meteor itu, 2 kali bahkan, pada tanggal 27 juli, sekitar jam 7 an mala. Sy sendiri gak yakin dia meteor atao bukan. Kira2 diarah mana meteor tsb muncul ?

  3. @ Tege:
    Kalo beruntung sih keliatan :p
    Harus sabar nunggunya kecuali, pas liat pas ada. Haha.

    @ sidhi:
    Wah.. Keliatan yah.. Saya ga dapet tuh.. Huhu. Nunggunya juga bentar doang sih.

    Benda bergerak spt meteor memang ga cuma meteor sih, bisa juga satelit.

    Tp umumnya hujan meteor ada ekornya walaupun pendek, karena hujan meteor itu menembus atmosfer bumi, sehingga terbakar dan terlihat seperti pijaran api. Kalau satelit hanya seperti bintang bergerak tanpa ekor, kecuali memang satelit tersebut sedang melewati atmosfer juga. Hehe.

    Hujan meteor tsb muncul dari arah timur, kira-kira spt yang ada pada gambar arahnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s