Menangis, Kenapa Ngga?

Ketika kita dihadapi oleh berbagai masalah yang membuat kepala kita pusing, adalah wajar jika kita membutuhkan seseorang untuk berbagi. Selain bisa merasa lebih lega, mungkin saja ia bisa membantu kita memberikan solusi. Tetapi sering pula kita mengalami kesulitan mengungkapkannya, dan alih-alih yang muncul adalah air mata atau menangis.

Menurut Dr William Frey dari Minnesota, menangis dapat membuat seseorang merasa lebih baik karena air mata yang keluar berfungsi menghapus ketegangan syaraf pada tubuh, yang salah satu penyebabnya adakah stres, karena terbeban masalah. Air mata itu sendiri sebenarnya terbagi dua :

1. Air mata iritasi, air mata yang keluar karena ada benda asing yang masuk ke mata.

2. Air mata emosional, air mata yang keluar karena dorongan emosi atau perasaan.

Jika stress dianalogikan seperti racun, maka jika tidak dikeluarkan dari tubuh akan menurunkan sistem kekebalan tubuh dan proses biologis lainnya. Proses pengeluaran racun dari dalam tubuh biasanya adalah ketika kita berkeringat dan menangis. Selain melegakan, menangis itupun sehat.

Alasan lain kenapa orang merasa lebih baik menangis saat emosional adalah karena air mata yang keluar mengandung lebih banyak protein termasuk hormon penyebab stress. Dengan aktivitas menangis ini, air mata yang keluar akan menstimulasikan produksi hormon endorphin, sehingga muncullah rasa lebih baik pada diri kita.

Menyadari fungsi airmata, tak heran para psikolog merekomendasikan ‘menangis’ sebagai langkah awal untuk memulai penyembuhan stress Anda. Jadi jika memang Anda merasa tidak sanggup menahannya, menangislah…itu akan melegakan Anda!

Sumber: JDC

12 thoughts on “Menangis, Kenapa Ngga?

  1. g setuju kalo nangis itu bisa bikin lega hati..
    karena g emang tipe orang yang kalo kesel trus gk bisa ngeluarin pasti nangis… kayaknya lu juga dah sering liat ya!! ^^
    tapi di satu sisi pasti ada anggepan kalo orang yg suka nangis itu cengeng…. terlalu manja dsb deh… dan cowok pun kadang2 malu ngaku kalo mereka emang lebih lega kalo nangis…… pasti ada aja yg bilang ” cowok kok nangis ” ato “tuh cewek cengeng banget seh! gtu aja nangis! ” n itu fakta2 yg ada selama ini. Karena ada juga temen g yg bilang ya lu nangis sendiri aja! jangan bikin malu. G sech gk setuju dengan itu semua…

    Kalo menurut lo?? dan yg lainnya para pembaca gmna ya??
    bolehkah cowok atau cewek nangis di depan umun atau ketika mereka kesel???

  2. kalo menurut gw sih ga ada salahnya nangis.
    tapi, frekuensinya jangan keseringan trus lebih baik jangan di depan umum deh drpd di cap ‘ga tough’ kan ga enak juga.

    btw, yang selalu jadi pikiran gw,
    kenapa ya cowok ‘ga boleh’ nangis?? bukannya nangis itu manusiawi ya?

  3. Cewe boleh menangis, tetapi cowo ga boleh menangis karena apa? Yah karena ada sebutan bahwa cowo itu maskulin sedangkan cewe itu feminin. Maskulin menandakan sifat yang lebih “kelelakian” atau “kejantanan” sedangkan feminin itu sifat yang lebih “kewanitaan”. Pada dasarnya sih batas antara maskulin dan feminin itu ga terlalu jelas, tapi intinya sebagai cowo yang maskulin (alias cowo yang jantan) maka orang akan melihat sifat-sifat jantan secara fisik (misalnya berotot atau six-packs :p ) dan psikis misalnya ketegaran, ga gampang menangis, berani, agresif, logikal dan sebagainya. Sedangkan sifat feminin itu lebih ke arah suka dandan, sensitif, dll yang kebalikan dari maskulin di atas.

    Sedangkan kalau cewe maskulin, maka dia akan disebut tomboy. Kalo cowo feminin maka di masyarakat dia akan cenderung disebut banci atau bencong (atau bencis… -_-) atau apalah yang sejenisnya.

    Maka kalau kasusnya cowo nangis itu manusiawi, apakah kalau sang cowo itu disebut sebagai “banci” akan manusiawi?πŸ™‚ Yah ini tergantung dari setiap orang sih.

    Nangis di depan umum itu pilihan, antara boleh dan ga boleh, dan itu masih tergantung sebab akibat, situasi kondisi dan orang yang menangis tersebut. Orang yang menangis di depan umum bisa aja disebut cengeng, tetapi bahkan beberapa di antaranya bisa disebut berkharisma karena berani menunjukkan diri untuk menangis di depan umum.πŸ˜‰

    Yah intinya pendapat itu tergantung dari setiap orang. Anda bisa bilang bahwa tangis itu lumrah, tapi banyak orang di luar sana yang masih menganggap tangis itu tabu (err… kayanya terlalu berlebihan kalo dibilang tabu yah? Hehehe..)

    Semoga membantu.πŸ˜‰

  4. hoho..
    nangis y? kalo ada sesuatu yang bikin g mau nangis, g akan lari ke kamar/wc trus nangis de..haha
    klo gw, gw ga mau nangis d dpn umum soalnya gw ga mau nunjukin ksdihan g d dpn org lain, tar ga bae bwt org lain dan diri kita jg. jd klo ada masalah/kesel, dll g akn coba ttp trsnyum dan smngat!!^^ tapi klo dah ga tahan, bisa langs keluar jg air mata na..hehe Nangis itu gak masalah, tp keseringan nangis jg ga baik, krn itu akan membuat kita mjdi org yg gampang ga tahan dengan masalah/hal2 yg berat,dll. jd apapun yg terjadi, cobalah untuk tersenyum selalu karena itu akan membuat kita lebih kuat menghadapi apapun.hehe
    trus,masalah cowo blh nangis/gak, mnrt g itu ga msalah, krn itu hal yg wajar.
    Gbu..

  5. Yup,, memang banyak yang bilang begitu. Kalo cowo tuh harus tegar ga boleh nangis.. bla..bla..

    Tapi cowo juga manusia, punya hati, punya perasaan. Dan nangis itu ga harus selalu pas sedih koq. Kalau kita bahagia terus nangis kan juga bisa. Tentu itu ga bisa disebut “cengeng” dong? Haha.

    Kalau untuk nangis di depan umum ya itu memang pilihan sih. Pilihan juga bagi orang yang menilainya. Akan ada orang yang menilai positif ada juga yang negatif.

    Buat yang menilai negatif.. Mungkin perlu tau lebih banyak lagi tentang apa persoalannya.. Jangan terlalu cepat menilai.. Ubah mindset, dan ubah sudut pandang.. Hohoh

  6. tanggapannya keren2 ya… ^^

    kadang kalo kesel atau hal yag laen kalo g gk bisa ngungkapin g pasti nangis… g juga kadang berpikir kenapa seh g cengeng banget… dikit2 nangis….. T_T

    tapi ntahlah… kalo dah nangis puas rasanya… ^0^

  7. Cowok yang berani menangis itu ga selamanya dibilang payah atau gmn kok (setidaknya di mata gue).. Tergantung alasannya juga sih..πŸ˜€ Dia berani ambil resiko untuk menangis meski dia tau dia bakal dicemooh dan dia ga takut mengekspresikan perasaannya..

    Ok.. Trus, mengenai nangis sendiri emang gue baca, dan disetujui Jeniffer Anniston, cocok untuk detoksifikasi.. Dia sendiri nangis hampir setiap hari untuk detoksifikasi.. ahahah.. Tapi klo abis nangis, yang ga enaknya adalah mata bengkak..😐 Apalagi klo nangisnya emosional bgt..😐

  8. manusiawilah…. coba kalo gak bsa nangis !!!!
    jadi masih ada hubungan antara vibrasi2 rasa dalam diri kita, yang sehingga memberi perintah pada mesin produksi air mata, ….

  9. Menagis. .
    Adlah luapan ekspresi..
    Jgan per nh menhan swtu ekspresi..
    Jgn per nh malu kr nany..
    Seorang nabipun per nh mengs!
    Pa lg qt yg hny manusia biasa..
    Menangslh kr n swtu yg brart dan brmkna..
    Kr n itu bs brguna jg bwt qt. .
    Lebh lega krnany..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s