Soeharto Telah Berpulang

https://i1.wp.com/www.soehartocenter.com/album/keluarga/pak_harto_ibu_tien2.jpgHari ini, Minggu, 27 Januari 2008 mantan presiden Republik Indonesia ke-2, Soeharto “Bapak Pembangunan” meninggal dunia pada pukul 13.10 di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) setelah dirawat selama 24 hari.

Kondisi kesehatan Pak Harto selama 24 hari tersebut naik turun. Pada tanggal 26 Januari kondisi kesehatannya sempat membaik, bahkan sudah bisa makan melalui mulut, walaupun masih dibantu dengan alat. Namun pada malam hari kesehatannya mulai menurun dan akhirnya tutup usia esok harinya pada usia 86 tahun (1921-2008). Pak Harto meninggal karena kegagalan multi-organ (multi organ failure) diantaranya jantung, pernapasan dan pencernaan.https://i1.wp.com/www.smh.com.au/ffximage/2008/01/21/suharto_wideweb__470x348,0.jpg

Mardjo menyebutkan, sejak pukul 01.00 dinihari tersebut pernapasan Soeharto mendangkal dan terpaksa diambil alih dengan menggunakan alat bantu pernapasan, 100 persen. Kondisi ini diikuti dengan tekanan darah yang merosot antara 60/25 sampai 70/30 mmHg. “Segera dilakukan tindakan resusitasi antara lain dengan mengambil alih pernapasan 100 persen dengan mesin pernapasan,” kata Mardjo. Dia mengungkapkan, pada pukul 03.00 hingga 07.00, keadaan umum makin menurun, tekanan darah bekisar 90/35-70/35 mmHg.” KCM

Presiden 32 tahun Indonesia ini telah tiada, walaupun mungkin ia banyak melakukan kesalahan pada masa lalu, ada baiknya kita tidak lagi mempersoalkan itu, kita juga harus mengingat jasa-jasanya untuk bangsa Indonesia, dan menjadikan segala yang telah berlalu sebagai pengalaman dan pelajaran yang berharga untuk kita di masa depan.

http://thewanderer79.files.wordpress.com/2007/10/soeharto.jpgSemoga Tuhan mengampuni segala dosa dan menerimanya di sisi-Nya.
Kita semua juga harus mau memaafkan segala kesalahannya, dan mendoakannya.

Selamat Jalan Pak Harto…

15 thoughts on “Soeharto Telah Berpulang

  1. Wah, akhirnya saat itu tiba juga.

    Selamat jalan, Pak.

    Walau punya salah selama hidup, beliau hanyalah seorang manusia biasa. Semoga yang di atas bisa mengampuni dosa-dosanya. At least, he ever been the president of this country and also develop this country.

    Kalau soal kesalahan hidupnya sih, bingung juga sih… soalnya orangnya udah tiada…😐 Semoga masalah yang masih ada bisa diselesaikan juga, terutama yang menyangkut keluarga-keluarganya.

    Sekian…

  2. gila! dunia ini udah gila! eh ga deh, negri ini udah gila! yang kayak begini masi dihormati. jasa seberapa sih dibanding kebusukan?! lama2 negri ini nyembah lucifer kali…

  3. Selamat jalan….pak Harto
    saya selaku generasi muda sebenarnya masih sangat membutuhkan bimbingan dari sosok seperti anda…
    sejak saya kecil saya sangat mengidolakan anda bahkan sampai sekarang saat saya duduk di bangku kuliah…
    tak peduli kesalahan atau kekhilapan yang pernah anda lakukan saya tetap menghormati dan mengagumi anda

    selamat jalan pak harto..

    doa kami bangsa indonesia selalu menyertaimu…

  4. SELAMAT JALAN PAK HARTO

    KAMI SEMUA DI SEMARANG AKAN SELALU MENDOAKAN PAK HARTO, KARENA PAK HARTO ADALAH BAPAK PRESIDEN YANG TELADAN,BAIK,BIJAKSANA.
    BUAT KELUARGANYA DIBERIKAN KETABAHAN DAN SERTA DILAPANGKAN HATINYA. BUAT KELUARGA BESAR PAK HARTO SAYA MENGUCAPKAN BELASUNGKAWA SEDALAM-DALAM HATI KU.

    PAK HARTO YOUR THE BEST PRESIDENT

  5. MR.SOEHARTO IS THE BEST INDONESIAN PRESIDENT EVER

    BUT GUYS I FOUND A VERY VERY HARSH CRITIC FOR MR.SOEHARTO DEATH JUST CHECK THIS OUT in japantoday.com there is a topic about japan prime minister and Mr.soeharto

  6. eyang ku….. eyang paling ku cinta di negeri ini……
    sedih bgt rasanya ngeliat eyang yg udah g ada tp masih aja dgugat n dhujat!
    klo menurut saya, setiap org psti ad sisi negatif n positifnya.. kenapa kita g kenang yg baik2nya aj seh, toh dy jg dh berjasa bgt ma negeri ini, ya g??smpe skrg g ad presiden yg bs ngegantiin sosok beliau.
    yg ngehujat eyang bagi ku cm pgen cari perhatian n cari kedudukan dgn cara yg g canggih!

    selamat jalan pak soeharto…..
    semoga ALLAH menempatkan mu dsurga dan bertemu dengan istri tercinta pak harto dsna… amiiien……

  7. pak harto….yang kita tau pak harto udah banyak bngd buat kesalahan buat kita semua waktu maa jabatannya.tapi sebenarnya yg salah bukanlah dia,tapi anak-anak nya yang gila harta.

  8. betul bgt badguls! menurut saya juga bukanlah si pak harto yang salah, tapi anak2nya. tragisnya, yang terus2an di hujat malah beliau😦

  9. Betul, walaupun Pak Harto cukup terkenal dengan korupsinya, saya kira yang berperan besar adalah anak-anak beliau.

    Tapi, seburuk-buruknya korupsi pada zaman Pak Harto apa tidak lebih parah sekarang?
    Waktu itu yang korupsi hanya Pak Harto dan kroni-kroninya, sekarang? Semua kalangan melakukan korupsi, dari pejabat kelas atas sampai ke bawah..

  10. Klo melihat kenyataan sih dari jaman soeharto dibandingkan jaman reformasi… malah lebih parah reformasi seperti kita kembali jaman orde lama dimana kita lihat barang2 pada mahal dan langka, beras aja ngimpor, minyak sampai ngantri, kemiskinan semakin merajalela karena pada investor lari dari indonesia merasa indonesia tidak aman sehingga banyak para pegawai dan para buruh di PHK. Reformasi sudah berjalan sekitar 10 tahun tapi tidak ada perkembangan malah lebih parah, korupsi malah lebih parah, pegawai negeri malah banyak liburnya karena tanggal merah melulu jadi merepotkan ngurus ini itu klo banyak liburnya… mana bisa indonesia bisa maju. Apakah ini bawaan dari ordebaru…. menurutku tidak juga, misalnya calender yg banyak merahnya… itu kan dibuat setelah reformasi.

  11. Apapun alasannya ga bisa diterima kalau memang pada kenyataannya zaman reformasi lebih buruk dari zaman orde baru. Dan ga bisa juga dikatakan kalau korupsi itu bawaan orde baru. Kalau memang dikatakan bawaan orde baru, lalu untuk apa kita reformasi? Tetap orde baru saja? Bukakah sama? Hanya tinggal membawa (meneruskan)?

    Tapi walau bagaimanapun semuanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Pada zaman orde baru kebebasan berpendapat sangat dikekang, pada zaman reformasi ada kebebasan berpendapat. Tapi.. Kebebasan bagaimana yang diharapkan? Apa yang seperti sekarang? Yang cenderung tidak terkendali? Bendera negara, gambar presiden boleh dibakar, diinjak-injak?

  12. Selamat Jalan Buat Pak. Harto
    Jadi Pada Bingung Ama Para penuntut bloon yang nuntut pak harto beginilah, begitulah, korupsi, reformasi, dst……
    Coba kalau kita tanya tukang soto dipasar apa yang mereka harapkan….?, kalau kita tanya para petani di sawah apa yang mereka harapkan…..?, apakah reformasi diluar batas, penerapan syariat islam yang salah kaprah, dst…….
    saya yakin mereka hanya menjawab 3 kata “HIDUP DENGAN TENTRAM”

  13. Jawaban Khusus untuk tindakan Anarkis FPI

    FPI adalah penghianat bangsa yang hanya akan membawa bangsa ke arah kebodohan total.
    1. Mereka hanya menghancurkan, merusak sesuatu dengan membawa bawa syariat agama tetapi tidak pernah menyakan alasanya “mereka menuduh pelacur wanita yang nazis tetapi apa pernah mereka mencari solusi agar pelacur itu tidak melacur, memberikan kerjaan yang layak”
    2.FPI Tidak sesuai adalah pemberontak dan penghianat bangsa yang harus segera di bubarkan karena mereka tidak menghargai Pancasila, sebagai dasar negara ataupun Bhineka Tunggal Ika sebagai Karakteristik Negara.
    3.FPI Mendidik mental generasi penerus bangsa menjadi rusak dengan tindakan anrkis mereka yang secara tidak langsung menanaMkan sugesti kekerasan kepada generasi muda bangsa dengan alasan menegakan syariat, Syariat Apa…….?, itu tidak sesuai dengan keinginan rakyat, jika kita bertanya pada seorang penjual soto dipasar apa yang mereka inginkan, apakah mereka ingin negara menjadi syariat islam, dst……… tidak jawabnya hanya 3 kata “HIDUP DENGAN TENTRAM”
    4.FPI menciptakan ronrongan besar terhadap NKRI dimana mereka menanamkan perasaan tidak hormat masyarakyat terhadap aparat negara, disisi ini mereka mengatakan Tegakan HAM bila diserang aparat, tetapi mereka mengabaikan HAM bila sedang melakukan sweeping Mis, menutup sejumblah warung makan selama bulan puasa, “Apakah mereka pernah berfikir akan makan apa pemilik warung itu yang seluruh nafkah keluarganya tergantung dari rumah makan itu.
    5.FPI adalah organisasi munafik dimana mereka melakukan sweeping minuman keras di jalan jalan tanpa pernah berani melakukan razia terhadap pabrik minuman keras tersebut.
    6.DST…………..

    Jika mau saya tuliskan tentang penghianatan dan penghancuran yang ditimbulkan FPI Blog ini tidak akan cukup.

    ada 5 pesan saya jika anda ingin mengetahui dasar-dasar tindakan FPI anda bisa mengikuti cara saya, karena hal ini akan membuka dengan jelas jalan pikiran anda selama ini
    saya mengaransi anda 100%

    1.Anda harus bersikap netral dan tidak memihak apapun atau siapapun juga
    2.Buka hati dan pikiran anda lalu gunakan hati nurani anda untuk menilai apa yang akan saya sampaikan kepada amda
    3.Berani mengakui kesalahan dan memeriksa langsung dari sumber sumber yang tercantum dalam beberapa pernyataan yang akan saya berikan ini
    4.Oke, jika segalanya sudah berjalan sekarang anda mulai siapkan mental anda untuk sesuatu yang sangat baru dan mungkin sangat bertentangan dengan keyakinan anda selama ini
    5.oke sekarang anda memiliki 2 pilihan untuk mengunjungi salah satu dari 2 situs dibawa ini
    http://www.mengenal-islam.t35.com
    http://www.indonesia.faithfreedom.org/forum/

    ingat pesan saya, gunakan hati dan pikiran, berani mengakui kebenaran, berani memeriksa dari sumbernya langsung, berani mengakui kesalahan, berani bertindak

    Terima Kasih

  14. sebenarnya pemerintahan pak harto jauh lebih baik dari pada sekarang……………….. tak ada kerusuhan……aman……………. dll.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s