Tidur Siang Memicu Daya Ingat

Menjelang tengah hari memang saatnya istirahat. Bahkan, penelitian terakhir mengungkapkan tidur siang baik untuk mendongkrak ingatan.

Tidur siang jelas terlihat pengaruhnya untuk meningkatkan kemampuan mengingat hal-hal jangka panjang dan hal-hal yang bersifat penjelasan. Itulah temuan tim peneliti yang dipimpin Avi Karni, seorang ahli ilmu otak dari Universitas Haifa, Israel yang dipublikasikan jurnal Nature Neuroscience edisi terbaru.

Memori jangka panjang biasanya tetap diingat seseorang selama bertahun-tahun, misalnya melihat terjadinya kecelakaan mobil di depan mata. Sementara, memori yang bersifat penjelasan, misalnya cara bermain drum atau video game.

Dalam percobaannya, Karni meminta sukarelawan mengingat-ingat permainan jari yang rumit. Mereka kemudian dibagi menjadi dua kelompok, salah satu tidur siang selama setahun dan lainnya tidak.

Ternyata, sukarelawan-sukarelawan yang tidur siang mampu mengingat lebih baik daripada yang tidak tidur. Setelah tidur malam, kemampuan kedua kelompok tak jauh berbeda, namun kelompok yang tidur siang tetap saja menunjukkan kemampuan mengingat lebih baik.

Penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh tidur dan ingatan menunjukkan bahwa tidur siang selama 90 menit paling ampuh untuk membantu otak mempertahankan ingatan jangka panjang.

“Tidur siang hari memperpanjang waktu bagi otak untuk mampu mengatasi gangguan dan kelupaan.” Selain pada saat tidur malam yang berlangsung normalnya 6-8 jam, konsolidasi ingatan di otak sangat baik bila dilakukan pada 90 menit tidur di siang hari.

“Tapi apakah kita bisa untuk tidur siang? Secara kita sekolah/kuliah atau bekerja.” Mungkin pertanyaan itu yang sering muncul di pikiran kita.
Apa kita harus rela menjadi orang pelupa demi aktivitas kita? Tentu tidak dong..
Untuk pelajar mungkin kita masih sempat tidur saat pulang, tapi bagaimana untuk pekerja yang pulang hampir malam hari?
Siapa tau satu waktu nanti akan ada jam tidur siang yang diberikan pada para pelajar dan pekerja, disamping jam istirahat atau makan siang.. Haha😀

Sumber: KCM
Editor: Herwin

6 thoughts on “Tidur Siang Memicu Daya Ingat

  1. Pas pulang ada lab.. Abis lab ada les.. Abis les ada PR dan ul buat bsk.. Keburu malem.. ~X(😐

    “Siapa tau satu waktu nanti akan ada jam tidur siang yang diberikan pada para pelajar dan pekerja, di samping jam istirahat atau makan siang.. Haha😀 ”
    __Aminn__😀

  2. Wah, tidur siang memicu daya ingat? ^^ Asikkkk… I love tidur siang..

    Ehem.. Tapi… Tidur jam 6 ampe jam 7 malem itu termasuk dalam kategori ini ga? :p

  3. nah, gw kalo pas liburan bangun tidur bisa jam 3 sore… jadi ini termasuk tidur siang donk? kan gw tidur dari subuh ampe siang🙂

  4. “Ehem.. Tapi… Tidur jam 6 ampe jam 7 malem itu termasuk dalam kategori ini ga? :p”

    Hahaha.. apaan nih.. :p
    Itu mah tidur malem yang di”siang”kan

    Banyak kalong neh,, jadwal hidupnya terbalik dari manusia normal.. Hahaha

    Huhuhu.. .Tidur siang.. Kayanya enak yah… Jadi pengen coba

  5. wah klo gtu aku juga pengen nih bisa tidur siang,,,tapi aku pulang skulnya kan sore trus jd gmn dong,,,,,,,terpaksa dh ga bisa tidur siang

  6. Hahah.. itulah masalah yang dihadapi oleh kebanyakan orang. Waktu. Susah sekali mendapatkan waktu untuk bisa tidur di siang hari. Apalagi untuk yang sekolah dan kerja. Huhuh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s