Siasati Junk Food Agar Tetap Sehat

Anda terbiasa mengonsumsi junk food atau fast food? Padahal Anda tahu benar bahwa junk food mengandung banyak lemak, garam dan gula, termasuk bahan tambahan aditif sintetik (bahan kimia) untuk menimbulkan citarasa (seperti MSG). Sebab itu junk food berpotensi menimbulkan banyak penyakit seperti obesitas, rematik akibat penimbunan purin, tekanan darah tinggi, serangan jantung koroner, stroke dan kanker.

Tapi bagaimana kalau Anda terpaksa memakan makanan tersebut? Mungkin karena aktivitas Anda yang terlalu sibuk atau mungkin karena daerah di sekitar Anda tidak ada makanan lain selain itu?

Cobalah beberapa tips berikut, semoga ini dapat membantu Anda:

Bawa Makanan Dari Rumah

Jangan pernah malu atau repot untuk membawa makanan dari rumah karena penyakit tidak akan malu-malu menyerang jika Anda tidak menjaga pola makan. Jika Anda menyiapkan sendiri makanan dari rumah Anda bisa mengatur sendiri komposisi makanan tersebut dan tentu saja pasti akan lebih sehat dan bersih. Selain itu menyiapkan makanan sendiri juga membantu Anda untuk bergerak dan kreativ. Atau jika itu tidak memungkinkan, belilah makanan di tempat lain, dan tentu saja, pilih yang sehat.

Sarapan Yang Tepat

Mulailah hari dengan mengonsumsi menu sarapan sehat seperti jus buah, susu rendah lemak, yogurt, sereal tinggi serat dan buah. Orang yang berpola makan tinggi serat mencerna makanan secara lambat karena serat tidak mudah untuk dicerna oleh tubuh kita. Akibatnya, rasa lapar tertunda dan keinginan Anda untuk makanan berkurang. Hal tersebut secara tidak langsung menghambat Anda untuk mengkonsumsi junk food.

Hindari Kulit Fried Chicken

Sebaiknya ketika Anda mengonsumsi fried chicken buang kulitnya. Kulit ayam, terlebih lagi ayam ras adalah sumber lemak jenuh dan kolestrol. Fried chicken atau ayam goreng menggunakan teknik penggorengan deep frying. Kandungan lemak bahan yang digoreng jauh lebih besar dibandingkan bahan yang digoreng dengan teknik penggorengan biasa.

Pilih Nasi

Kandungan lemak dan sodium french fries (kentang goreng) sangat tinggi, jadi saat Anda terpaksa mengonsumsi junk food, pilihlah nasi, jangan kentang goreng. Bila Anda membeli burger carilah jenis yang lebih banyak mengandung bahan nabati dibandingkan hewani. Jika terpaksa, pilihlah burger ikan, jangan yang berisi daging sapi atau ayam karena daging ikan lebih baik kandungannya daripada sapi atau ayam. Jika memungkinkan perbanyak isi sayurnya, seperti selada, tomat, mentimun dan sebagainya.

Potong Porsi Dan Ukuran

Jangan mencoba berpantang makan junk food karena Anda justru makin tergoda untuk mencomotnya. Jika ingin, belilah dalam porsi kecil lalu bagilah dengan rekan di sebelah Anda.

Mulai Olahraga

Olahraga akan memompa endorfin, yaitu morfin alami dalam tubuh, untuk beredar ke seluruh tubuh. Dengan berolahraga Anda jadi punya waktu sedikit untuk makan.
Ayoo kurangi makan junk food!! Ga baik buat kesehatan loh..!
Repot sedikit gapapa, yang penting sehat.
Soalnya kalo kita sampe sakit nantinya malah lebih repot lagi. Apalagi sakit yang ditibulkan sama junk food ini ganas-ganas, dan susah, bahkan belum bisa di sembuhkan.
Kan kita yang menderita sendiri nantinya..

Sumber: JDC
Editor : Herwin

3 thoughts on “Siasati Junk Food Agar Tetap Sehat

  1. Yup, jaman sekarang ini fastfood udah makin banyak, ada di mana-mana, harganya cukup terjangkau, dan semakin mudah didapatkan dimanapun, apalagi dengan layanan delivery-nya, yang membuat kita semakin malas bergerak. Hahah

    Makanya jangan sampai tergoda. Makan kan ga cuma kenyang, murah, enak. Tapi liat juga segi kesehatannya.

    Secara umum, kesehatan tubuh kita dilihat dari apa yang masuk ke tubuh kita. Apa itu? Ya, makanan, minuman dan udara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s