Tertawa 20 Menit = Olahraga 2 Jam

https://i0.wp.com/www.michigan.gov/images/laughing_woman_86704_7.jpgKetua Anand Krisna Center (AKC) Semarang dr Djoko Pramono mengungkapkan, tertawa selama 20 menit setara dengan berolahraga ringan selama dua jam. Peredaran darah lancar, oksigen dalam tubuh meningkat.

Menurut Djoko Pramono, dengan tertawa peredaran darah dalam tubuh akan lancar, kadar oksigen dalam darah meningkat. Selain itu, menurut dia, tekanan darah akan normal. Olahraga memang perlu, namun tertawa secara teratur juga dapat menjadi alternatif berolahraga.

Bagi orang yang beresiko terkena sakit jantung, dapat pula memanfaatkan terapi tertawa. Pasalnya, selain dapat memijat paru-paru dan jantung, juga dapat mengurangi resiko sakit jantung.

Bahkan, kata dia, tertawa dapat menjadi penenang alami. “Saat tertawa tubuh kita memang akan menghasilkan hormon endorphine yang memberikan rasa nyaman bagi tubuh (sebagai penenang alami),” katanya.

Untuk itu, dia mengajak semua orang untuk tertawa. Apalagi, sebagian besar stres akibat tekanan hidup yang semakin menghimpit dan aktivitas yang padat, yang biasanya diderita orang perkotaan perlu pelepasan untuk melonggarkan dada.

Ia mengatakan kita bisa mengatasi stres dan segala persoalan dengan terapi tertawa. Bahkan, tertawa dengan cara dipaksa pun akan membawa kebaikan bagi kesehatan.

Hahahaha.. <- Inilah salah satu kunci sehat dengan mudah. Olahraga yang paling ringan dan murah, tentunya dengan banyak manfaat dan keuntunguan😀

Tertawa,, memang benar sih, kalau kita sedang dalam masalah atau mempunya beban berat, cobalah untuk tertawa, walaupun kesannya terpaksa, tapi dampaknya tetap baik untuk tubuh. Setelah tertawa akan ada perasaan lega, napas menjadi lancar dan tubuh menjadi semakin segar. Kalau kesegaran sudah di tangan, kita akan kembali siap untuk menghadapi pekerjaan kita yang selanjutnya dengan lebih nyaman.. Tertawalah!!

Sumber: JDC

Editor: Herwin

2 thoughts on “Tertawa 20 Menit = Olahraga 2 Jam

  1. klo nama na or kan brati bisa kurus yh?? brati ketawa bisa bikin kurus dunq..kuq g yg tiap hari ktawa mulu mala +gemuk yh…hahaha…

  2. ngga lg.. sp bilang OR bikin kurus..
    OR itu malah bikin badan gede.. soalnya waktu OR ada otot-otot yang berkembang

    secara umum inti dari kesehatan tuh ada di makanan ama udara.. apa yang masuk ke badan kita

    kalo u OR sehari 5 jam juga kalo makan nya porsi buat 5 orang ga bakal kurus d.. dijamin.. hahah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s