Makanan Bisa Memperbaiki Emosi

Makan terlalu banyak bisa membuat Anda mengantuk, tetapi makanan yang tepat bisa menghilangkan dan membangkitkan perasaan  senang. Seperti havermut, pasta dan roti gandum, nasi beras merah, polong-polongan, sayuran seperti kentang dan jagung ternyata sangat baik untuk mengatasi rasa murung. Hal tersebut dikarenakan serotonin, zat kimia yang menjaga perasaan Anda tetap stabil, tenang,  damai dan Anda lebih fokus serta berkonsentrasi. Karbohidrat dapat membantu tubuh untuk memproduksi serotonin. Ketika kadar serotonin rendah, coba bangkitkan semangat dengan makan cemilan cake beras. Agar serotonin bisa menenangkan, karbohidrat harus dimakan dengan perut kosong dan anehnya harus tanpa protein.

Makan coklat mempunyai banyak khasiat, karena kandungan kafein yang sedikit sehingga membangkitkan semangat Anda. Kandungan stimulannya juga membuat sedikit kecanduan, yang disebut theobromine dan sejumlah kecil zat kimia yang dikaitkan dengan meningkatkan perasaan romantis.

Depresi menurun ketika Anda mengkonsumsi ikan, karena kandungan asam lemak omega 3 dalam dosis besar memperbaiki simptom manic depression sampai 64%. Asam lemak omega 3 bekerja di otak seperti lithium dan obat-obat lainnya yang digunakan untuk mengobati depresi. Saat Anda sedih dan depresi, pastikan Anda mengkonsumsi pisang, apel, ceri, aprikot dan buah-buahan lainnya. Karena kandungan dalam buah-buahan tersebut dapat membangkitkan semangat Anda kembali. Minum dan makanlah susu, yogurt dan keju, jika sindrom pramenstruasi membuat perasaan Anda tak menentu.

Kafein merupakan obat psycho-active yang paling banyak digunakan dan dapat memproduksi perasaan senang serta euphoria. Satu cangkir kopi dapat mengubah perasaan mudah marah, tersinggung dan lelah menjadi bahagia. Tapi hati-hati, terlalu banyak kafein dapat mengganggu tidur dan memicu serangan panik.

Mengkonsumsi satu kacang per hari dapat memberikan kecukupan selenium agar menjaga otak tetap bahagia.

Bawang putih sudah terbukti berkhasiat menjaga kesehatan kardiovaskular. Orang yang mengkonsumsi bawang putih untuk menurunkan kolesterol juga merasakan berkurangnya rasa lelah, rasa mudah tersinggung dan resah.

Capsaicin yang memberikan rasa pedas pada cabe juga memberi otak aliran endorphin. Saat merasa pedas, lidah mengirim sinyal sakit semu ke otak. Akibatnya, otak lalu melepaskan penawar rasa sakit alamiah yang menenangkan atau endorphin sehingga menimbulkan perasaan senang.

Jika Anda menderita seasonal affective disorder (SAD), konsumsi lebih banyak makanan yang mengandung vitamin D sehingga memperbaiki perasaan. Anda juga bisa mendapatkan vitamin ini dari salmon, susu dan serelia yang difortifikasi.

Bila Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung thiamine, riboflavin, dan B6 maka Anda akan merasa lebih senang hanya dalam 3 bulan. Kacang-kacangan (bean) yang dikeringkan, unggas, telur, alpukat, padi-padian utuh, ikan, pisang dan produk susu banyak mengandung vitamin yang penting ini.

Sebagai tambahan aja, rasa pedas pada cabai juga dapat berguna melawan kanker prostat pada pria.

Nah,, ternyata makanan yang kita makan juga bisa mempengaruhi perasaan kita. Patut dicoba ini. Bisa membangkitkan semangat, menghilangkan depresi, memberikan perasaan bahagia.. wuaaa… hahah

Source: JDC
Editor: Herwin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s