Sarapan Sehat

Semua orang tahu bahwa untuk beraktivitas dengan baik sarapan itu penting. Mengandalkan tukang bubur ayam atau lontong sayur setiap hari tentu bukanlah jalan keluar yang baik, khususnya bagi kesehatan Anda. Cobalah untuk mengatasi masalah tersebut dengan sehat dan praktis. Cobalah beberapa tips berikut ini.

https://i1.wp.com/students.stttelkom.ac.id/wanita/images/gbupload/1157982028milk_skim.jpgSusu, apakah itu susu sapi atau susu kedelai selalu dianjurkan untuk sarapan. Bila Anda tidak ada masalah dengan berat badan, akan lebih baik menambahkan sedikit madu atau gula ke dalam minuman ini untuk menambah zat energi.

Buah-buahan segar seperti pisang, apel, melon, pepaya dan lain-lain adalah pilihan https://i1.wp.com/www.naturehills.com/product_images/thumbnails/wine_sap.jpgyang baik untuk sarapan kilat. Selain pasti sehat juga mudah penyiapannya bahkan bisa disantap di perjalanan. Namun akan jauh lebih baik bila Anda mencampur buah-buahan ini dengan yoghurt atau susu dan sereal, misalnya cornflakes.

Serealia seperti havermut dan cornflakes yang kaya serat dan sangat mudah menyiapkannya adalah menu sarapan yang ideal. Untuk membuatnya lebih sedap Anda bisa menambahkan kismis atau parutan keju.

Kalau Anda penggemar roti, usahakanlah untuk mengisi sandwich Anda dengan zat protein seperti keju atau telur atau daging. Zat protein dibutuhkan untuk memperpanjang rasa kenyang. Menyiapkan sandwich malam hari dan menyimpannya di kulkas tidak akan mengurangi kelezatannya.

Idealnya, sarapan Anda terdiri dari susu, buah atau sari buah segar dan zat protein seperti telur.

So, sarapanlah setiap hari. Kesegaran Anda untuk beraktifitas sepanjang hari dipengaruhi sarapan juga lho… Selamat hidup sehat!!

Sumber: JDC

10 thoughts on “Sarapan Sehat

  1. hmm, perknalkan. nama saya dessy dan umur saya baru 17 tahun. saya mempunyai masalah berat badan yang cukup serius. dan saya ingin melakukan program diet. saya ingin bertanya bagaimana sarapan yang sehat untuk saya yang melakukan program diet.
    terima kasih.

  2. Halo Dessy,,
    Pertama kali baca comment kamu, saya melihat kalau kamu sudah merasa cukup terganggu dengan berat badan kamu ya, betaul ga? Hehe

    Nih, yang pertama harus kamu punya tuh semangat, jangan ngerasa rendah diri atau minder, tetep bersyukur buat apa yang ada pada diri kamu sekarang, jangan selalu mikir hal-hal yang negatif tentang diri kamu, coba cari hal positif dan pikirkan itu saja, jangan sampe kamu jadi stress. Kenapa?
    Karena secara tidak langsung stress akan memicu napsu makan kamu.

    Yang kedua, kamu harus tau apa itu diet.
    Banyak kan orang selama ini beranggapan kalo diet itu mengurangi porsi makan habis-habisan sampai-sampai bisa dibilang menyiksa diri.
    Bukan itu tetapi diet adalah mengatur pola makan.

    Untuk pagi dan siang hari, saran saya tetap makan seperti biasa, karena untuk menjalani hari ini kita butuh energi yang cukup, jangan sampai energi itu kurang, itu justru akan menggangu aktivitas kamu.
    Untuk malam hari, coba untuk mengganti makna malam kamu dengan buah-buahan saja.

    Nah, ini trik nya:
    – Pilih makan nasi daripada roti, karena roti bikin kamu cepet laper, dan mau makan lagi.
    – Kurangi makanan berlemak, gorengan, daging-dagingan.
    – Jangan ngemil, kalo kamu punya jam makan snack, coba hilangkan dari rutinitas kamu, atau ganti dengan buah-buahan.
    – Makan makanan berserat, soalnya makanan berserat lebih sulit dicerna tubuh, jadi kamu ga cepet laper.
    – Perbanyak olahraga, ga usah repot mikirin olahraga apa, dengan berjalan kaki saja kamu sudah berolahraga.

  3. umur saya 19 thn.badan saya agak kurus,tapi makan saya lumanyan banyak.saya tidak suka minum susu apalagi susu putih.apa solusinya supaya badan saya ini bisa gemuk.

  4. Saya kasih saran dikit ya.. hehe

    Makan selain porsinya besar juga yang penting teratur, jangan sampai lupa makan, makan sehari 3x. Bisa ditambah dengan snack pada waktu-waktu tertentu. Komposisinya juga perlu diperhatikan, coba tambah lemak nabati, dan juga serat tentunya.

    Perbanyak olahraga deh. Ini faktor yang penting untuk bisa punya tubuh yang ideal. Olahraga juga membantu tubuh kamu semakin berkembang (memperbesar tubuh tentunya). Selain itu setelah olahraga juga biasanya kita lapar, nah di sana kita bisa menambah porsi makan kita.

    Kalau ga suka minum susu putih, coba dengan yang rasa lain, cokelat misalnya. Atau makan makanan olahan susu.

  5. Nimbrung dikit nih..😀
    Klo boleh saran, badan kurus mah ga usah digemukkin.. Atau kalo kurus karena faktor keturunan..Mending bikin lebih berbentuk aja, dengan olah raga..

    Kadang kalo usaha ngegemukkin badan gitu orang makan banyak2 dan ga olah raga, dengan tujuan supaya lemak jadi numpuk dan bisa jadi gemukan.. Padahal itu bikin ga sehat.. Bukan jadi gemuk, malah jadi sakit atau males gerak ntar..

    Kurus kan ga selalu berarti sakit atau ga sehat..😀

    Coba susu kedelai deh..😀

  6. Yup sarapan benar2 penting utk kesehatan, disarankan ketika kita sarapan memenuhi 4 hal berikut
    1. memenuhi kebutuhan 114 nutrisi utk sel2 tubuh
    2. menjaga keseimbangan cairan tubuh
    3. memberikan cukup energi utk beraktifitas
    4. dan menjaga level gula darah supaya tetap normal.
    Untuk info lebih lengkap mampir dan daftarkan emailnya ke web saya, nanti akan dapat newsletter n tips2 yang insya Allah bermanfaat utk manajemen berat badan dan sarapan sehat yang baik utk kesehatan jangka panjang.
    daftar di http://www.sarapanideal.com

  7. Pingback: 2010 in review « Herwin’s Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s