Telinga “Kresek-Kresek”.. Eh, Ada Rambut

2 hari yang lalu, pagi-pagi, beberapa saat setelah bangun tidur, saya dikejutkan oleh suara aneh di telinga kiri saya. Cukup menganggu, karena suaranya kencang, dari dalam telinga, seperti ada sesuatu di dalam, “kresek-kresek” bunyinya setiap kali ada gerakan yang berhubungan dengan telinga (misal, menggerekan rahang, telinga), jika tidak ada gerakan, tidak ada bunyi.

Dugaan pertama, ada kotoran telinga, ternyata tidak, dugaan kedua, ada serangga, bukan juga.. Telinganya bersih, kosong melompong.. Pikiran saya mulai aneh-aneh.. Jangan-jangan ada sesuatu yang ga bener dengan telinga ini..

Saya mulai mencari di internet dengan keyword “telinga bunyi kresek”.. Rasanya tidak ada gejala yang pas seperti yang saya alami. Sampai akhirnya, satu yang paling mendekati, menyatakan bahwa telinga dia kemasukan rambut 10-15 cm, dan sudah 6 bulan baru keluar (Berarti 6 bulan dia mengalami bunyi seperti itu.. Astaga..).

Saya coba menarik daun telinga, lalu menggerakan rahang, bunyi kresek-kresek itu tidak ada, tapi ketika saya sudah tidak menariknya, bunyinya muncul lagi. Saya semakin yakin, bahwa masalahnya hanya karena ada benda asing pada telinga saya, bukan sesuatu yang aneh-aneh (penyakit, gangguan apa lah..) karena gejala itu muncul begitu tiba-tiba.

Saya semakin yakin, sama seperti yang saya baca, ada rambut yang masuk dalam telinga saya. Saya meminta cc saya untuk melihat, apakah ada rambut, dia bilang ga ada apa-apa.. Saya mencoba memasukan jari saya, sedikiiiit saja, sakit rasanya, dan bunyinya sangat keras (sepertinya rambutnya menusuk gendang telinga).. Saya ga berani lagi, takut gendang telinganya rusak. Saya berharap sesuatu itu bisa keluar sendiri.. Ternyata sampai esok hari, masih sama saja..

Akhirnya saya memutuskan untuk pergi ke dokter, saya ke sebuah rumah sakit bersama papa saya, ke bagian THT. Si dokter memeriksa telinga saya, daaaannn.. Benar saja.. Ada rambut di dalam telinga saya.. “Eh.. Ada rambut” si dokter mengambil alatnya, mengeluarkan rambut itu, dan selesailah masalahnya…

Saya tidak langsung memberi tahu si dokter bawah masalahnya sudah selesai, dan saya memang belum mencoba menggerakan rahang atau telinga saya.  Si dokter dengan “seru”nya memeriksa telinga kanan, hidung dan tenggorokan saya..

Dia bilang saya kena radang, hidung dan tenggorokan saya merah.. Saya sedang pilek (padahal ngga tuh..). Lalu dia menjelaskan dengan gambar-gambar yang terpampang di mejanya. Hidung dan tenggorokan mempengaruhi telinga juga (<– lengkaplah kodratnya, Telinga Hidung Tenggorokan).. Sampai akhirnya si dokter buka resep.. Banyangkan 5 jenis obat, ada antibiotik, ada obat berupa spray, dll.. Katanya diakasih untuk seminggu dulu, harusnya 2 minggu, nanti balik lagi..

Tapi.. Ya, ga saya tebus obatnya.. Udah sembuh kok.. Hahaha. Dan “cuma” bayar biaya dokternya, 125.000.. Hmm.. Biaya mengeluarkan rambut dari telinga tuh.. 125.000.. =P

Pelajaran yang bisa diambil dari hal ini.. Pertama, pengalaman kalo kapan-kapan terjadi lagi (amit-amit) jangan panik. Kedua, carilah dulu informasi di internet untuk bekal pengetahuan kita sebanyak-banyaknya. Ketiga, jangan terlalu percaya juga deh sama sebagian dokter sekarang, kayanya motivasinya melenceng nih, mau nolong pasien apa mau jual obat..? Kita harus pinter-pinter juga (Udah jadi rahasia umum, sebagian (besar? sangat besar?) dokter jaman sekarang suka memberikan banyak obat yang belum tentu ada gunanya, cuma nambah-nambahin kimia dalam tubuh kita doang, lalu mereka dapet komisi(?) dan juga dikit-dikit OPERASI >.<) Keempat, sebelum tidur bantal sama selimut dibersihin dulu dari rambut yang patah ato rontok, meminimalkan resiko. Hahaha.

Sekian.. :)

GBU

25 thoughts on “Telinga “Kresek-Kresek”.. Eh, Ada Rambut

  1. hi..

    Saya Tina.
    Akhirnya saya bisa menemukan orang yg mengalami hal yg sama.
    saya sudah lama merasakan bunyi “kresek kresek” di dalam kuping saya.

    Saya sudah ke dokter THT, dia malah bilang rahang saya yg masalah.
    Suruh cek ke dokter utk tulang.

    Saya belum cek.
    Bisa minta bantuan di emailkan untuk alamat (dan bila ada no tlp) dokter THT yg anda kunjungi?

    Terima kasih sebelumnya

    GBU

  2. hai.. lokasi dok yg anda sebut dimana?? sy di medan, uda bbrp minggu sy mengalami telinga kresek-kresek, jujur kadang sangat menggangu.. thanks.

  3. Saya di Jakarta, rumah sakitnya Sumber Waras.
    Mungkin bisa dicoba di dokter sana dulu? Minta supaya dilihat apa ada benda asing atau tidak. Soalnya waktu itu tindakannya cukup sederhana, hanya menggunakan teropong mirip pena yang ada lampunya dan pinset :)
    Get well soon.

  4. hai mau nanya dong, pada saat suara kresek2 itu apa hanya ketika ada gerakan yang berhubungan dengan telinga, atau pada saat dengar suara keras ataupun berteriak juga dengar suara kresek2? Thanks before

  5. 2 hari ini telinga saya bunyi kresek kresek. Mau tidur pun kadang bunyi sangat mengganggu. Belum rencana ke dokter. Langka awal yg harus di lakuin apa y…

  6. Halo Rohya,
    Yang pasti jangan terlalu sering kontak dengan telinga yang berbunyi, karena kalau sering disentuh / tertekan bisa-bisa benda asingnya semakin masuk ke dalam.
    Selanjutnya segera ke dokter, supaya bisa dikeluarkan.
    Saran saya jangan mencoba mengeluarkan sendiri karena bagian dalam telinga cukup sensitif dan berbahaya kalau kita yang awam bereksperimen sendiri.

    Semoga cepat sembuh :)

  7. Hai, nama saya Rini,, maksih info diatas,, ini sngat memabntu saya utk masalah teleinga saya.. udh bbrp bulan telinga sya bunyi kresek2, sy tkut bnget, tkut ada hewan kecil yg masuk, soalnya, bbrp bln yg lalu telinga sy sempat kemasukan anak kelabang, tp pd saat itu jg hwn kecil itu keluar, kern telinga sy, sy masukin air, dn akhirnya dia pun keluar,, tp kog smpe skrg jg bunya itu msh ada ya? apa itu kemungkinan yg masuk rambut y? sangat menggangu, apalagi klo denger bunyi keras atau lg nguap, telinganya semakin bergetar, dn bunyi kresek2,,, sy tinggal di bekasi timur, kira2, sy bs hubungin dokter spa ya? boleh minta informasi.. mksih sblmnya,, :-)

  8. waaaaaaahhh berguna sekali infonya
    saya juga mengalami hal yang sama, di telinga kanan saya ada bunyi kresek2 juga.
    tapi bunyi itu bakalan tibul kalau saya menggerakkan kepala saya, selain adanya rambut di dalam telinga, apa ada kemungkinan benda lain yg ada di telinga saya ?
    trus kalau dari kita sendiri, apa yg bisa kita laukan buat ngilanginnya tanpa harus ke dokter. trus kalau di biarin aja apa akibatnya buat telinga kita ?
    makasihhhh :)

  9. Hi Rini,
    Apa mungkin masih ada air yang belum keluar di telinga kamu?

    Saya tidak tahu untuk dokter di daerah Bekasi. Coba saja cari rumah sakit terdekat, nanti tanya dengan resepsionisnya untuk dokter THT.

    Semoga cepat sembuh :)

  10. Hi Alfin,
    Ada kemungkinan benda lain, bisa juga binatang. Seperti kasusnya Rini di atas.

    Kalau saya sih tidak mengajurkan untuk melakukan tindakan sendiri karena telinga ini bagian yang cukup sensitif, lebih baik serahkan pada orang yang ahli di bidangnya, jadi aman :)

  11. Sudah 3 hari telinga saya bunyi kresek2. Setelah membaca artikel ini, kemarin saya langsung ke dokter tht untuk diperiksa, apa mungkin ada rambut yang nyangkut di dalam telinga. Tp ternyata telinga saya bersih tdk ada apa2. Saya dikasih minum obat rynos sn selama seminggu, kalau ternyata masih bunyi terus saya dianjurkan memeriksakan telinga saya lebih lanjut lagi. Waduh, saya jadi takut apakah saya akan jadi tuli? Sebenarnya ada apa ya di dalam telinga saya?

  12. Saya dari Malaysia. Sudah 2 hari telinga kanan saya ada bunyi sepeti krisek gitu. Saya belum ketemu sama doktor lagi. Tapi ketika saya gerakkan kepala bunyi itu enggak ada. Tapi kadang kadang bunyi itu ada tetapi sangat perlahan. Saya akan ketemu dokter untuk periksa!

  13. salam, saya juga mengalami bunyi kresek2 di telinga saya, sudah satu bulan ini. gak sakit sih, cuma bunyi kresek2 halus itu sering mengganggu. bunyinya intens banget alias sering…
    apa saya harus ke THT juga?

  14. Misi, mau numpang nanya .
    Kalo saya udah setahun lebih suka bunyi kresek2 tp stlah di denger dgn seksama, suaranya itu kaya bukan dr telinga, entah bagian leher belakang sama antara tengkorak belakang, tp suaranya kedengeran banget .
    Biasanya klo posisi tidur paling sering bunyi.
    Dalam aktifitas lain kaya cuma lg diem gtu jg kadang bunyi tp jarang, jd bingung nih ..
    Tolong masukannya, soalnya takut ke tht .

  15. Hi…salam, di lobang telinga saya tumbuh rambut 5-7 helai di kiri dan 5-7 helai di kanan yg terus tumbuh dan memanjang. Karena suka gatal saya selalu menyuruh istri mencabutnya setiap 3-4 bulan. Apakah mencabut rambut di lobang telinga berbahaya?

  16. Dokter sekarang memang orientasi ke uang.. . Heran sma dokter sekarang.. klo mau kya jgn jd dokter..jadilah pengusaha.. .

  17. apa sama dengan yang saya rasakan hari ini ya,,suara ditelinga kanan saya juga terdengar bunyi kresek”,saya juga mengira ada semut atau serangga kecil apa yang masuk dalam telinga saya.waktu saya masukan cotton bud,tapi telinga saya bersih.apa mungkin saya juga bertindak seperti anda untuk periksa kedokter

  18. Makasi bgt postingannya, menenangkan sekali. Telinga saya (sejak 2 hari kemarin) rasanya sama persis dg yg ditulis disini. Semoga saja nanti pas di priksa ga ada yg aneh2. :mrgreen:

  19. saya juga mengalami hal yang sama, ditelinga saya selalu terdengar bunyi kresek-kresek hal ini sdh saya rasakan selama 1 minggu, bunyi itu selalu terdengar jika saya tidak beraktifitas terutama saat mau tidur, saya belum ke dokter karena saya selalu sibuk dan belum ada waktu, akhirnya saya coba memasukan air ketinga saya dan mengeluarkan kembali, alhamdulillahh bunyi itu sekarang hilang.

  20. 2 hari ini telingaku juga bermasalah tp cari di internet belum nemu yang masalahnya sama nih…jadi bukan kresek2 sih tapi kaya ada yang ngehalangin telingaku aja, kaya seperti abis denger ledakan atau daun telinga kena pukul, nah kaya gitu rasanya, tapi ga ada suara nging-nya….Sekarang lagi order obat tetes telinga, kalau ga ada perkembangan lusa mau ke THT kayanya….Doakan ya :)

  21. dokter itu biadab bukan pekerjaan mulia, orang sakit ga perdaya… eee diminta duit….. bayangkan aja …sadiskan….!!!! makanya kalo yg ga punya duit jgn sok2 an periksa ke dokter yg ada tambah ruwet mikiran penyakit dan tambah parah sakit kita……. INGAT semua yang hidup udah divonis mati oleh ALLAH SWT tdk bisa dimajukan dan dimundurkan…..

Leave a Reply

